Memulai Bisnis Internet Marketing

Apa itu Internet marketing ? Sebelum berbicara lebih jauh, ada baiknya mari kita telusuri arti dari kata yang mungkin masih asing buat sebagian orang.

Internet marketing ditelaah dari segi bahasa :
Berasal dari dua suku kata , yaitu internet dan marketing.Jika kita rinci , Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan orang satu dengan lainnya, sedangkan marketing adalah ilmu dalam menjual barang atau memasarkan sesuatu. Jadi internet marketing secara lengkapnya adalah cara memasarkan sesuatu lewat internet.

Internet marketing ditelaah dari sudut bisnis ,
Hampir semua perusahaan besar telah memanfaatkan internet marketing untuk melebarkan sayap pemasarannya. Expansi besar-besaran perusahaan lewat internet marketing telah menciptakan banyak lapangan kerja baru , yang saat ini telah menjadi sebuah gengsi tersendiri dikalangan tertentu

Internet marketing ditelaah dari sudut pekerjaan :
Sudah barang tentu merupakan hal yang baru bagi sebagian orang , dan dibagian lain telah menjadi darah daging yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dan pekerjaan di bidang internet marketing telah menjadi sebuah mata sumber penghasilan bagi banyak org di dunia

Internet marketing dipandang dari sudut hasil :
Bisa jadi orang akan bangrut jika tidak tahan banting dan tidak sabar , dan bisa jadi orang akan cepat kaya raya jika cerdik,sigap dan cepat dalam bertindak. Banyak org yang kaya raya dari internet marketing. banyak orang yang bersyukur bisa mengenal internet marketing ini , dan banyak pula yang jera,putus asa dan kalah sebelum bertanding .

Internet marketing dilihat dari terciptanya pekerjaan baru :

Dari internet kita ketahui banyak sekali tercipta lapangan kerja baru,dimulai dari penyediaan perangkat keras,seperti komputer,laptop,dan lain-lain, Kemudian software yang diciptakan untuk memudahkan dalam ber internet marketing .Ada bagian yang menyediakan koneksi internet ,ada bagian yang menjual domain, bagian yang menjual hosting,lalu bagian jaringan, kabel,dan lain-lain. Masuk kedalam, terciptalah bergai jasa , seperti jasa pembuatan website,jasa pembuatan layout website ,jasa mengimput kontent ke website , jasa merawat website , jasa pengoptimalan website , jasa jual beli website dan lain-lain .
Dilain pihak internet telah menumbuh suburkan pendidikan di bidang ini, karena begitu antusiasnya orang-orang untuk mepelajari internet marketing , maka terciptalah ratusan lembaga pendidikan yang khusus mengajarkan internet marketing . di Indonesia sendiri salah satu lembaga pendidikan internet marketing terbesar yang berbadan hukum yang saya ketahui bisa anda lihat disini , lembaga pendidikan lain seputar internet marketing yang cara pembelajarannya lewat ebook bisa lihat disini.
Lepas dari dunia pendidikan , lapangan kerja baru internet marketing , adalah dibidang iklan. Dari iklan , sudah ratusan miliar dollar diserap. Beberapa bisnis iklan terbesar contohnya adsense, citika, YSM (yahoo Search marketing)dan lain-lain. Itu bisnis iklan di luar negeri, yang didalam negeri contohnya kumpulblogger ,kliksaya , ppcindo, adsensecamp , dan lain-lain.

Lapangan kerja internet marketing lainnya adalah : PTR (Paid to Review) yaitu kita akan dibayar untuk melakukan review atas sebuah produk.
PTC , (Paid to clikck ) yaitu kita akan dibayar jika kita mengklik iklan .
PTS ( Paid to Survey) kita akan dibayar saat kita melakukan sebuah survey atas produk, dan sebagainya .

Internet marketing juga telah menyuburkan penyebaran ilmu lewat penjualan buku , baik buku elektronik(ebook) atau pun buku organik(buku secara fisik), dan ini akhirnya ikut pula mendongkrak bisnis jasa antar barang. Di tingkat internasioanl, clickbank adalah salah satu pioneer dalam mengorganisir penjualan ebook, sedangkan amazon.com adalah salah satu pemrakarsa penjualan buku fisik keseluruh dunia. Kita sebagai calon atau pelaku internet marketing , bisa ikut menikmati hasil dari jaringan penjualan buku ini dengan menjadi “pialang” yang lebih dikenal dengan affiliate.

Lepas dari bisnis buku, internet marketing tercatat mampu pula untuk menjual aneka barang fisik lainnya, mulai dari peniti,kancing,televisi,laptop, dan bahkan pernah terjual kapal laut. Salah satu pioneer dibidang penjualan barang fisik adalah ebay, dan kemudian belakangan amazon mulai ikut memasarkan barang2 sejenis.

Untuk bidang cashbill atau alat pembayaran , internet marketing telah menciptakan sebuah mata uang baru yang dipercaya lebih aman. Paypal adalah salah satu yang tebesar yang menguasai pangsa pasar bidang penanganan pembayaran antara pembeli dan penjual. Sebagai pelaku internet marketing , sudah seperti “kewajiban” untuk memiliki paypal ini.

Internet Marketing Indonesia
Belakangan ini di indonesia, internet marketing telah meningkat pesat pertumbuhannya. Secara grafik, untuk Indonesia kata kunci internet marketing telah menempati urutan pertama pencarian di dunia. Ini bisa di artikan bahwa indonesia akan segera menuju ke sebuah gerbang baru dalam menyongsong teknologi masa kini. Orang-orang indonesia yang telah lebih dulu berkecimpung di internet , bahu membahu memberikan pelatihan kepada teman ,saudara, kerabat dan lainnya.

Diatas saya sempat singgung atas berdirinya lembaga pendidikan internet marketing , yang bisa jadi hal itu adalah “GONG” dimulainya era baru bisnis internet marketing .

Nah..menutup tulisan soal internet marketing ini, saya yang notabene adalah termasuk pelaku baru di dunia internet ini, tidak bisa serta merta mengatakan bahwa bisnis di internet akan selalu menjanjikan . Tapi sebagai orang baru pula saya bisa berkata , bahwa internet memang telah memberikan kepada saya “sedikit” penghasilan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Siapkah anda menyongsong era internet marketing ini ?

No comments:

Post a Comment