MakananMU dan KecantikanMu

Ingin kulit wajah dan tubuh Anda lebih segar, muda dan cantik? Coba 5 asupan sehat berikut.

Bukan cuma alas bedak yang tebal atau polesan warna-warni tata rias yang membuat wajah Anda terlihat cantik. Makanan yang kita konsumsi pun memegang peranan penting dalam menyehatkan kulit wajah dan tubuh. Gizi dan khasiat yang terkandung dalam setiap makanan, menyerap ke seluruh tubuh hingga di bawah permukaan kulit. Mulai sekarang, yuk, pilih makanan mana yang menjadi “sampah” atau berguna bagi kulit.

Lemak Baik

Lemak tidak selamanya buruk bagi tubuh. Ternyata lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, minyak biji rami (flazseed oil ), dan walnut mengandung lemak baik yang berkhasiat membantu menjaga metabolisme selaput sel kulit. Selain itu, dapat memulihkan kelembaban kulit hingga mampu mengatasi masalah kulit kering.

Serat

Serat pangan (dietary fiber ) merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Guna serat bagi tubuh adalah untuk membantu pencernaan, mengeluarkan toksin yang berada di dalam tubuh agar selalu sehat dan segar. Serat dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayuran seperti brokoli, wortel dan buah-buahan seperti apel, kiwi, dan pir. Sebaiknya mengonsumsi buah-buahan tanpa dikupas, karena serat yang diperlukan tubuh berada di bawah kulitnya.

Ikan Berminyak

Di usia 30 ke atas khawatir dengan keriput lebih cepat? Mulai sekarang ikan berminyak seperti makarel dan salmon harus menjadi sahabat terbaik Anda. Karena kandungan asam lemak Omega3 yang terdapat pada ikan tersebut sangat tinggi dan mengandung antioksidan, sehingga mampu memberikan stimulasi fungsi saraf dan otot untuk berkontraksi dan mengencangkan kulit. Omega3 juga mampu meningkatkan kesehatan sel-sel kulit dengan membentuk dinding-dinding luar sel yang kuat dan menjaga kulit tetap sehat.

Foto: Adrianus Adrianto

Beta Karoten

Kandungan zat anti oksidan yang terdapat pada beta karoten mampu membuat kulit tampak lebih segar, karena mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan sel-sel kulit mati, dan peradangan sel akibat sinar ultraviolet. Dapatkan sumber beta karoten pada buah-buahan seperti mangga, pepaya, wortel serta sayur kangkung dan bayam.

Isoflavone

Ingin kulit wajah Anda halus tanpa kerutan, flek atau warna gelap? Mulai saat ini perbanyak mengomsumsi makanan yang mengandung isoflavone, seperti yang terdapat pada kacang kedelai dan kacang merah. Isoflavone merupakan bahan yang bermanfaat untuk memperlambat timbulnya kerutan.

Wisnu Sulistyanto

No comments:

Post a Comment