Manfaat Berbagai Jenis Madu


a. Madu Apel

Madu apel berkhasiat untuk mengatasi insomnia (susah tidur), meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, memperlancar fungsi otak, menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar sirkulasi
darah, dan mengobati luka bakar.

b. Madu Akasia
Madu akasia berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membuat enak tidur.

c. Madu Belimbing
Madu belimbing bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi, meredakan batuk, dan menurunkan kadar kolesterol.

d. Madu Durian
Madu durian bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi insomnia, mengobati luka bakar, mengobati darah rendah, memperbaiki aliran darah, mengobati rasa mual, dan bersifat stimulan.

e. Madu Damar
Madu damar bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sariawan, dan membantu pengobatan kanker.

f. Madu Hutan (Multiflora)
Madu hutan bermanfaat untuk memperlancar fungsi otak dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bermanfaat juga untuk menyembuhkan rematik, mengobati luka bakar, mengobati anemia, meningkatkan nafsu makan, dan mengatasi tekanan darah rendah.

g. Madu Jambu Air
Madu jambu air bermanfaat untuk mengatasi insomnic meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati rasa mual memperkuat kandungan ibu hamil, dan mengobati luk bakar.

h. Madu Jambu Mete
Madu jambu mete bermanfaat untuk meningkatkan daj tahan tubuh, rematik, luka bakar, sariawan, membani menurunkan demam, dan meningkatkan nafsu makan.

i. Madu Kaliandra
Madu kaliandra bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon, memperlancar sistem pencernaan, menyembuhkan tekanan darah tingi, membuat enak tidur, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu pengobatan kanker.

j. Madu Lengkeng
Madu lengkeng berkhasiat untuk memperlancar pengeluaran urine, meningkatkan fungsi otak, dan mening¬katkan daya tahan tubuh. Berkhasiat juga untuk menyem¬buhkan sakit pinggang, maag, batuk, pilek, dan mempercepat penyembuhan luka bakar atau luka akibat operasi.

k. Madu Kopi
Madu kopi bermanfaat untuk mengatasi insomnia,’ meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, memperlancar sirkulasi darah, dan mengobati luka bakar.

1. Madu Karet
Madu karet berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit | hepatitis, mengatasi keputihan, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan alergi, meredakan rasa gatal, mengobati luka bakar, meningkatkan fungsi otak, dan baik • untuk meningkatkan vitalitas pria.

m. Madu Kapuk
Madu kapuk bermanf aat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan memperlancar fungsi otak. Selain itu, berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan, menyehatkan lever, menyembuhkan demam, batuk, pilek, menghilangkan bau mulut, dan menyembuhkan luka borok. Madu kapuk sangat baik dikonsumsi oleh anak balita.

n. Madu Lanceng
Madu lanceng berasa asam. Madu lanceng bermanfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi, asma, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan demam, mengobati asam urat, menurunkan kadar kolesterol, dan menyembuhkan penyakit
infeksi.

o. Madu Mahoni
Madu mahoni adalah madu yang rasanya pahit. Madu mahoni bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh.Selain itu, berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat, mengobati malaria, menurunkan demam, meningkatkan nafsu makan, mengatasi keputihan, mengatasi tekanan darah tinggi, dan mengobati rematik.

p. Madu Mentimun
Madu mentimun bermanfaat untuk mengobati inson nia, memperlancar urine, mengobati sariawan, mengob.i tekanan darah tinggi, menurunkan demam, dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

q. Madu Mangga
Madu mangga berkhasiat untuk menghilangkan rasa mual, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan luka bakar, memperlancar urine, mengobati anemia, dan me¬ningkatkan daya tahan tubuh.

r. Madu Manuka
Madu manuka berkhasiat untuk mengobati radang tenggorok, flu, penyakit infeksi lain, dan menurunkan demam tinggi. Tanaman manuka terdapat di Selandia Baru. Tanaman ini telah ratusan tahun dipergunakan oleh penduduk setempat sebagai tanaman obat. Suku Maori (penduduk asli Selandia Baru) menggunakan tanaman ini secara tradisional untuk mengobati sakit tenggorok dan luka.

s. Madu Rambutan
Madu rambutan bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, memperlancar urine, mengobati anemia, menurunkan demam, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Madu rambu-tan juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pinggangj sakit maag, dan luka bakar. Madu rambutan juga bails dikonsumsi oleh ibu hamil.

t. Madu Nanas
Madu nanas bermanfaat untuk menurunkan kada kolesterol, membantu pencernaan, dan menurunkan tekan darah tinggi.

Dikutip dari buku Khasiat & MAnfaat Madu Herbal oleh dr. Adji Suranto, SpA

No comments:

Post a Comment